Pengetahuan tentang cara menagih utang mungkin bermanfaat di masa depan. Cara menagih hutang secara hukum harus diketahui apakah Anda seorang debitur yang meminjam uang, atau kreditor yang memberikan kredit kepada seseorang.

Anda pasti sudah melihat berita tentang penagih hutang yang menagih hutang dari debitur secara sewenang-wenang. Mulai dari diteriaki, diteriaki, hingga ancaman yang mengakibatkan kekerasan fisik sering terjadi pada masalah utang piutang usaha.

Jika Anda berada di posisi itu, apa yang harus Anda lakukan? Apakah ilegal menagih hutang dengan ancaman seperti itu?

Sebaliknya, memiliki pengetahuan untuk menagih utang juga penting jika kita berada di posisi kreditor. Cara mengambil kembali uang pinjaman kami tanpa menyebabkan konflik yang tidak perlu.

Jujur saja, siapa yang tidak terganggu ketika berada dalam posisi untuk menagih hutang dari seseorang. Apalagi ketika debitur enggan membayar dengan sejuta alasan. Pasti menyebalkan, bukan?

Jika hanya puluhan atau ratusan ribu, itu mungkin masalah sepele. Tetapi jika bernilai puluhan hingga ratusan juta, itu pasti menjadi masalah serius.

Jika dari jumlah ini, Anda dapat mempertimbangkan cara untuk menagih hutang Anda secara legal. Tapi bagaimana caranya?

Inilah cara menagih utang secara legal

Dalam perspektif hukum, masalah utang yang terjadi antara dua pihak dikategorikan dalam ruang lingkup hukum perdata, yang merupakan hukum utama yang mengatur kepentingan individu.

Ini berarti, penyelesaian utang tidak dapat dibawa ke domain kriminal. Tapi menurut Consultanthukum.web.id, masalah hutang bisa saja masuk ke ranah kriminal jika nantinya ditemukan unsur kriminal seperti penipuan.

Misalkan Pak Budi memiliki pinjaman yang belum dibayar oleh Pak Anton sebesar Rp. 100 juta. Karena bosan mengumpulkan dan terus menunda-nunda, Pak Budi bermaksud melaporkan Pak Anton ke polisi menggunakan jalur kriminal.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Kolektor Diuber Debt Collector, Begini Cara Mengumpulkan Hak Utang muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here