Ajaib.com – Anda pasti bermimpi memiliki bisnis potensial untuk mengentalkan isi akun. Namun, untuk mencapai kesuksesan di dunia bisnis ada banyak faktor internal dan eksternal.

Seperti yang Anda tahu, pengusaha sukses selalu memiliki sikap tidak pernah menyerah sampai mereka memiliki semangat kompetitif yang kuat untuk melawan pesaing. Selain itu, seorang wirausahawan juga harus memiliki potensi besar untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Editor Sihir berikut ini akan menjelaskan tip yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan dan mengembangkan bisnis yang potensial.

1. Memiliki nilai jual tinggi

Hal pertama untuk mendapatkan bisnis potensial adalah, produk yang Anda pasarkan, baik barang maupun jasa harus memiliki nilai jual tinggi. Produk bernilai tinggi ini adalah salah satu faktor besar yang memengaruhi kesuksesan Anda dalam mencoba dan bersaing dengan pesaing.

Untuk itu, sebagai wirausaha, Anda harus memiliki produk yang memiliki harga jual tinggi di masyarakat. Biasanya, konsumen akan banyak datang ketika produk yang Anda jual memiliki nilai jual tinggi. Intinya di sini bukan harga produk, tetapi kualitas produk.

2. Memenuhi kebutuhan beberapa komunitas

Produk yang Anda jual harus memenuhi kebutuhan sebagian orang. Sulit jika Anda berniat memenuhi semua kebutuhan konsumen, karena selera orang berbeda-beda. Namun, Anda bisa mengakali.

Misalnya, Anda memilih bisnis untuk menjual kebutuhan rumah tangga, seperti televisi, meja, hingga sofa. Selain itu, Anda juga dapat menjual produk kuliner, yang semakin populer akhir-akhir ini karena dapat dipesan on line.

Sebagai catatan, jika Anda dapat memberikan jawaban atas kebutuhan mayoritas masyarakat, bisnis yang Anda kembangkan dijamin akan disebut bisnis potensial untuk terus berjalan.

3. Memiliki kerugian kecil

Ketika Anda melakukan bisnis, kerugian tidak bisa dihindari. Namun, Anda dapat mengurangi risiko kerugian yang akan Anda temui di dunia bisnis.

Sebagai seorang pemula, jika Anda ragu untuk memiliki jenis bisnis, Anda harus memikirkan bisnis yang memiliki risiko kecil. Misalnya, Anda berada dalam bisnis kebutuhan makanan pokok, seperti menjual beras. Butuh waktu lama untuk menjual beras, tetapi Anda dijamin tidak memiliki risiko besar karena masyarakat Indonesia membutuhkan beras setiap hari.

4. Bukan momentum atau musiman

Mulailah bisnis yang tidak musiman, meskipun manfaatnya bisa sangat besar. Bisnis musiman ini seperti menjual kue kering pada Idul Fitri. Tentunya Anda akan mendapat untung besar, tetapi Anda tidak bisa menjual kue setiap hari, hanya pada momentum tertentu.

Namun, jika Anda bersikeras menjual cookie, Anda harus mencoba sistemnya pesan terlebih dahulu atau membuat kue saat ada pesanan. Ini dapat membuat peluang bisnis Anda tetap terjaga dan menyita waktu.

5. Bertahan lama di pasar

Untuk mendapatkan bisnis dan keuntungan besar, Anda harus menjawab kebutuhan masyarakat. Namun, Anda harus menjual produk yang bertahan lama di pasaran. Saat produk Anda dapat bertahan lama di pasar, Anda dapat memproduksinya dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan orang.

Bukan hanya bisnis potensial, perilaku pengusaha yang tidak kenal lelah dan tidak pernah mengeluh adalah hal yang harus dimiliki. Selain itu, seorang wirausahawan juga harus memiliki ide-ide yang kreatif, inovatif, fleksibel, dan gairah tinggi untuk bisnis yang Anda jalani.

Sebagai catatan, tidak mudah untuk menjadi pengusaha sukses. Namun, jika Anda ingin sukses di dunia bisnis, berikut adalah karakteristik peluang bisnis yang sangat baik.

1. Asli

Tujuan aslinya adalah, bisnis yang Anda miliki tidak meniru upaya orang lain. Anda dilarang keras menyalin produk lain, meskipun untungnya menggoda. Sebab, orang Indonesia sangat membenci orang yang melakukan plagiarisme.

2. Sepenuhnya sesuai dengan keinginan konsumen

Tidak mudah memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi Anda harus melakukan survei untuk memuaskan pelanggan. Survei perlu dilakukan agar Anda tahu betul segala yang diinginkan konsumen dari produk yang Anda jual. Anda jangan ragu untuk bertanya tentang kekurangan produk yang dijual.

3. Tingkat visibilitas (kelayakan bisnis) benar-benar diuji

Sebaiknya, sebelum Anda membangun lini bisnis, Anda harus melakukan sedikit riset pada tingkat visibilitas. Anda juga harus melakukan uji coba mengenai kelayakan suatu produk atau layanan yang Anda sebarluaskan di pasar.

3. Memiliki gairah dalam menjalankannya

Tidak mudah ditemukan gairah benar, tetapi ketika Anda menemukannya dan Anda membuat bisnis berdasarkan hasrat yang dicintai maka kesuksesan ada di tangan Anda.

4. Produk inovatif dan kreatif yang sulit untuk mempengaruhi persaingan pasar

Untuk bertahan di dunia bisnis memang tidak mudah tetapi juga bukan tidak mungkin meskipun persaingan di dunia bisnis saat ini cukup ketat. Menciptakan berbagai produk yang inovatif dan kreatif dapat membuat produk Anda menjadi produk unggulan yang akan membuat Anda bertahan hidup meskipun persaingan pasar cukup ketat.

5. Keyakinan dan tekad yang kuat

Tidak ada yang mudah di dunia ini karena setiap perjalanan pasti akan menghadapi rintangan di depan. Tetapi jika Anda terus bermimpi ingin memiliki bisnis yang terus bertahan, berkembang dan sukses, maka Anda harus menanamkan kepercayaan dan tekad dalam diri Anda. Dengan keyakinan dan tekad, Anda tidak akan pernah berhenti jika Anda menghadapi hambatan di dunia bisnis yang ingin Anda garap.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Manajemen Strategis dalam Tindakan. Edisi Kedua. New Jersey: Prentice-Hall


Magical adalah aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank.
Investasi reksa dana dapat memiliki tingkat pengembalian hingga
banyak kali dibandingkan dengan tabungan bank, dan ini
instrumen investasi yang tepat untuk pemula. Penarikan-deposit gratis saat
hanya, Magic memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai
tujuan keuangan mereka. Unduh itu
Hebat sekarang.

Posting Tips untuk Mendapatkan Potensi Bisnis muncul pertama kali di Ajaib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here