Biaya pemeriksaan golongan darah di setiap rumah sakit tentu berbeda. Ini tergantung pada teknik yang digunakan, jumlah golongan darah yang diperiksa, hingga fasilitas yang disediakan.

Umumnya biaya pemeriksaan golongan darah di rumah sakit swasta di Jakarta mulai dari Rp. 20 ribu – Rp. 60 ribu. Tapi, Anda harus membawa lebih banyak dana, ya. Sedikit bocoran jika Anda biasanya suka ada biaya tambahan sekitar 20-30 persen untuk hal-hal yang tidak terduga.

Lalu mengapa Anda harus memeriksa golongan darah? Periksa golongan darah Anda sangat penting untuk kesehatan Anda, kamu tahu!

Salah satunya dapat membantu Anda jika Anda mengalami kecelakaan seperti kecelakaan atau butuh darah ekstra saat akan melakukan operasi. Pemeriksaan golongan darah juga penting bagi Anda yang berencana menikah untuk mengetahui kesehatan Anda dan pasangan.

Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan tentang pemeriksaan golongan darah berikut, ya!

Periksa golongan darah

Pemeriksaan golongan darah adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui golongan darah Anda. Ada dua jenis golongan darah yang biasa digunakan, yaitu ABO dan sistem Rhesus (Rh).

Apa kategori golongan darah

Seperti dijelaskan di atas, ada dua golongan darah: ABO dan sistem Rhesus (Rh).

1. Sistem ABO, yang merupakan antigen yang ada di permukaan sel darah merah dan antibodi yang ditemukan dalam plasma darah (darah dalam bentuk cairan kuning). Sistem ini dibagi menjadi 4 golongan darah:

  • Golongan darah A: memiliki antigen A dan antibodi B
  • Golongan darah B: memiliki kombinasi antigen B dan antibodi A
  • Golongan darah AB: memiliki antigen A dan B, tetapi tidak memiliki antibodi A dan B
  • Golongan darah O: memiliki antibodi A dan B, tetapi tidak memiliki antogen A dan B.

2. Sistem Rhesus membagi darah menjadi 2 kelompok, yaitu:

  • Rh + (Positive Rhesus), darah yang memiliki antigen Rhesus. Orang yang memiliki Rh + dapat menerima transfusi darah dari orang dengan Rh + da Rh –
  • Rh – (Negatif Rhesus), darah yang tidak memiliki antigen Rhesus. Orang dengan Rh – hanya dapat menerima transfusi darah dari orang yang memiliki Rh – saja.

Mengapa seseorang perlu memeriksa golongan darah?

Mengetahui golongan darah Anda tentu penting untuk kesehatan dan biasanya dibutuhkan untuk kebutuhan medis. Apalagi jika Anda berniat menyumbangkan darah atau akan menerima transfusi darah dari orang lain.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Posting Berapa Biaya Pemeriksaan Golongan Darah? [2020]? Ayo, cari tahu! muncul pertama di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here